Inilah Penyebab Utama Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang paling umum di dunia. Kanker kulit non-melanoma mengacu pada sekelompok penyakit kanker yang perlahan-lahan berkembang di lapisan atas kulit.

Istilah 'non-melanoma' membedakan jenis-jenis yang lebih umum dari kanker kulit kurang umum dikenal sebagai melanoma, yang menyebar lebih cepat dalam tubuh.

Tanda pertama dari kanker kulit non-melanoma biasanya munculnya benjolan atau bintik pada kulit yang tidak sembuh-sembuh setelah beberapa minggu.


Dalam kebanyakan kasus, benjolan kanker berwarna merah dan tegas, sementara bintik kanker sering datar dan bersisik.

Periksakan ke dokter jika Anda memiliki kelainan kulit yang tidak sembuh setelah empat minggu.

Jenis kanker kulit non-melanoma


Kanker kulit non-melanoma biasanya berkembang di lapisan terluar kulit ( epidermis ) dan sering dinamai jenis sel kulit yang mereka kembangkan . Dua jenis yang paling umum kanker kulit non-melanoma adalah:
a. karsinoma sel basal - dimulai di sel yang melapisi bagian bawah epidermis dan menyumbang sekitar 75 % dari kanker kulit
b. karsinoma sel skuamosa - dimulai di sel yang melapisi bagian atas epidermis dan menyumbang sekitar 20 % dari kanker kulit.

Penyebab kanker kulit non-melanoma


Penyebab pasti kanker kulit non-melanoma tidak diketahui, meskipun itu terkait dengan kontak langsung ke sinar ultraviolet ( UV) .

Sinar UV berasal dari matahari, serta bangku berjemur dan lampu berjemur buatan.

Selain kontak langsung cahaya UV, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker kulit non-melanoma, seperti:
- riwayat kondisi keluarga,
- kulit pucat yang mudah terbakar,
- sejumlah besar tahi lalat atau bintik-bintik.


Pengaruh kanker kulit non-melanoma


Kanker kulit non-melanoma adalah salah satu jenis penyakit kanker yang paling umum di dunia. Ada sekitar 100.000 kasus baru kanker kulit non-melanoma setiap tahun di Inggris .

Kanker kulit non-melanoma mempengaruhi laki-laki sedikit lebih banyak dari wanita .


Pembedahan adalah pengobatan utama untuk kanker kulit non-melanoma . Ini melibatkan menghapus tumor kanker dan beberapa kulit di sekitarnya .

Pengobatan lain untuk kanker kulit non-melanoma termasuk cryotherapy , krim , radioterapi , kemoterapi dan pengobatan yang dikenal sebagai terapi photodynamic ( PDT ) .

Pengobatan untuk kanker kulit non-melanoma umumnya berhasil , tidak seperti kebanyakan jenis kanker lainnya , penyakit kanker berisiko jauh lebih rendah akan menyebar ke bagian lain dari tubuh .

Diperkirakan bahwa karsinoma sel basal akan menyebar ke bagian lain dari tubuh kurang dari 0,5 % kasus . Risiko ini sedikit lebih tinggi dalam kasus karsinoma sel skuamosa , yang menyebar ke bagian lain dari tubuh sekitar 4 % kasus .

Pengobatan untuk karsinoma sel basal benar-benar berhasil sekitar 90 % kasus . Antara 70 % dan 90 % dari orang dengan karsinoma sel skuamosa akan benar-benar sembuh .

Pencegahan Kanker Kulit


Kanker kulit non-melanoma tidak selalu dapat dicegah , namun Anda dapat mengurangi resiko terkenan kanker kulit dengan menghindari paparan berlebihan terhadap sinar UV .

Anda dapat membantu melindungi diri dari kerusakan akibat sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan berpakaian terlinding di bawah sinar matahari . Bangku berjemur dan lampu berjemur buatan juga harus dihindari .

Secara teratur memeriksa kulit Anda untuk tanda-tanda kanker kulit dapat membantu mengarah pada diagnosis dini dan meningkatkan kesempatan Anda untuk pengobatan yang berhasil .

Referensi : Kanker kulit (non-melanoma)
---